Selasa, 31 Mei 2011

Sangokushi Taisen v1.0 bagian 2--Dasar permainan

Dalam posting kali ini, saya akan menjelaskan sedikit dasar game ini.

Yang akan menjadi poin terpenting dari game ini tentu saja mengenali kartu-kartu yang dimainkan.
Atribut-atribut penting dari sebuah kartu adalah :
Faksi (Home Kingdom) -- ditunjukkan pada bagian pojok atas kiri bagian depan kartu.
Harga Pasukan (Busho's Cost) -- ditunjukkan melalui bulatan di bawah atribut faksi (min 1;max 3)
Nama Jenderal Pasukan (Busho's Name) -- tulisan vertikal mandarin di bawah harga pasukan.
Tipe Pasukan -- ditunjukkan dengan lambang tipe pasukan di bagian pojok kiri bawah kartu.
Kemampuan Spesial (Special Skills) --ditunjukkan dengan lambang di samping tipe pasukan (bisa ada bisa tidak)
Kekuatan (Power) -- nilai kekuatan pasukan, berfungsi menentukan kekuatan adu fisik
Kecerdasan (Intelligence) -- nilai kecerdasan pasukan, berfungsi pada beberapa efek permainan
Data Taktik Spesial (Special Tactic Data) -- taktik tertentu yang dimiliki masing-masing kartu



#Tips dalam memilih pasukan
#1. Usahakan seluruh pasukan dalam 1 faksi, karena terdapat penalti bila terdapat lebih dari satu jenis faksi.
#2. Perhatikan total harga pasukan, usahakan untuk memaksimalkan batas maksimal harga pasukan (8).

Dari atribut-atribut di atas, yang HARUS SELALU menjadi perhatian dalam "perang" adalah Tipe Pasukan dan tentu saja Kekuatan/Kecerdasan.


Berikut Tipe Pasukan yang ada pada versi 1.0

Pasukan Berkuda (Cavalry)
Kecepatan bergerak adalah senjata utama tipe pasukan ini. Mereka dapat berpindah dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya dalam waktu singkat. Dari skala 1~3, kecepatan gerak pasukan ini 3.
Berlawanan dengan segi keuntungan kecepatan, kekuatan gempur ke benteng (siege attack) dari pasukan ini adalah yang terlemah. Dari skala 1~3, kekuatan gempur 1. 

Pasukan Tombak (Spearman)
Kecepatan bergerak pasukan ini adalah yang terpelan kedua dari seluruh tipe pasukan. Skala kecepatan gerak pasukan ini 1,5.
Kekuatan gempur pasukan ini adalah rata-rata, skala 2. 

Pasukan Panah (Archer)
Kecepatan bergerak pasukan ini masih lebih cepat dari pada tipe pasukan infantri. Skala kecepatan gerak pasukan panah 2.
Kekuatan gempur pasukan ini adalah rata-rata, skala 2. 

Pasukan Pedang (Swordman)
Kecepatan gerak maupun kekuatan gempur pasukan ini sama dengan pasukan tombak. 

Pasukan Penggempur (Siege Weapon)
Kelemahan di sisi kecepatan gerak (skala 1), ditutupi dengan kekuatan gempur (skala 3). Ditambah dengan nilai pertahanan yang membuat pasukan ini lebih susah untuk dipaksa mundur.


Kekuatan dan Kecerdasan (Power and Intelligence)

Power berpengaruh terhadap kontak fisik, baik jarak dekat (melee) ataupun jarak jauh (range). Masih belum terungkap cara menghitung pengaruh pertahanan terhadap kekuatan serangan, karena tidak tersedianya informasi atas pertahanan.
Intelligence mempunyai 2 fungsi pokok. Pertama, sebagai variabel serangan non fisik (serangan elemen maupun serangan taktik yang akan dijelaskan di bagian selanjutnya). Kedua, sebagai penentu efektifitas taktik spesial masing-masing pasukan.


Taktik Spesial

Setiap Busho memiliki Taktik Spesial yang tidak selalu unik. Untuk menggunakannya, diperlukan jumlah moral yang cukup. Efek area juga menentukan efek dari Taktik Spesial tersebut. Jumlah moral yang dimiliki memungkinkan kombinasi Taktik Spesial terjadi. Dengan batas maksimal 12 moral untuk pasukan 1 faksi, kombinasi atau masif taktik bisa dilakukan.


Kemampuan Spesial

Terdapat 5 Kemampuan Spesial yang ada di versi ini. Tiap Busho/Jenderal bisa memiliki 0 hingga 3 Kemampuan Spesial itu. Apa saja? Berikut Penjelasannya :

Ambush (Serangan dadakan)
Di awal permainan, jika Busho yang memiliki kemampuan ini tidak berada di benteng, dia dan pasukannya akan berada pada posisi bersembunyi. Akan muncul bila pasukan musuh sampai pada posisinya, dan akan mengenakan serangan dadakan ke pasukan musuh, sesuai dengan beda variabel Intelligence kedua pasukan. Pada posisi bersembunyi, kecepatan gerak akan menurun drastis. Keadaan bersembunyi ditampakkan dengan visualisasi jejak pasukan saja. Pasukan juga bisa muncul/dimunculkan dengan cara menabrak pagar/tower musuh, atau dengan mengaktifkan Taktik Spesial Busho tersebut.

Fence (Pagar)
Sesuai namanya, Busho/Jenderal yang memiliki kemampuan ini akan menempatkan pagar di depan dia berdiri di awal permainan. Tidak berlaku jika di awal permainan, posisinya melanggar area penempatan (tidak boleh melewati batas daerah pertahanan), atau jika posisi awal Busho/Jenderal tersebut di dalam benteng.

Revival (Cepat sembuh)
Busho yg dipaksa mundur akan bisa kembali dimainkan setelah 35 detik, tapi dengan kemampuan Revival ini, dia akan kembali dapat dimainkan 11 detik lebih cepat.

Valiance (Keberanian)
Meningkatkan kemungkinan terjadi duel 1 lawan 1 dan meningkatkan pula kesempatan melakukan perfect timing di serangannya.

Charisma (Karisma)
Meningkatkan moral pasukan di awal permainan, untuk setiap Busho yang memiliki kemapuan ini.



Pada posting berikutnya akan dijelaskan tentang Art of War dan beberapa advance techniques

2 komentar: