Kamis, 26 Mei 2011

Sangokushi Taisen v1.0 bagian 1--Persiapan

Posting sebelumnya dalam bahasa inggris, namun saya baru sadar..jika ingin blog ini jadi tempat nongkrongnya gamer indonesia..harusnya ya pake bahasa Indonesia :D

Berikut pengetahuan dasar tentang game Sangokushi Taisen.

Latar Belakang
Game ini mengambil latar belakang sejarah Cina, Sam Kok (III Kingdom), yang menceritakan perebutan kekuasaan antara 3 faksi besar, WEI, SHU, dan WU. Terdapat juga faksi ROUGE yang terdiri dari berbagai karakter yang tidak berhubungan langsung dengan 3 faksi tersebut. Pada versi 1.0 ini, tersedia 148 jenis kartu dengan karakteristik berbeda yang bisa dimainkan.


Tujuan / GOAL
Memberikan damage/kerusakan terhadap benteng (fort/castle) lawan. Dalam bentuk visual, benteng musuh akan terlihat jelas dalam beberapa bentuk tergantung map-nya.
Bisa dalam bentuk benteng dan camp (markas), tetapi intinya tetap sama. Benteng ini dilengkapi dengan pintu utama (main gate) yang berada di tengah-tengah benteng, yang memiliki pertahanan lebih rentan dibanding dindingnya. Digambarkan dengan lebih besarnya kerusakan yang diterima dari sebuah serangan (siege attack) pada pintu utama dibandingkan apabila serangan dilakukan terhadap dinding benteng.
Dalam 99 hitungan (1 hitungan sekitar 2~3detik), kemenangan bisa ditentukan dengan 3 hasil.
Menang, jika dalam 99 hitungan benteng kita lebih bertahan dibandingkan benteng lawan, atau benteng lawan berhasil kita hancurkan seluruhnya.
Kalah, jika dalam 99 hitungan benteng lawan lebih bertahan dibandingkan benteng kita, atau benteng kita berhasil dihancurkan lawan seluruhnya.
Seri, jika dalam 99 hitungan keadaan kedua benteng persis sama. Dalam hal ini, berlaku double KO alias sama-sama dianggap kalah :P


Media permainan
Game ini dimainkan dengan memanfaatkan teknologi "flat reader" dan "trading card", yang menjadikan permainan ini unik, dan memungkinkan keahlian tangan sebagai kunci kemenangan dalam permainan. Perbedaan mendasar dari permainan ini dengan console adalah minimnya tombol. Para pemain menggerakkan kartu-kartu di atas "flat reader" untuk menggerakkan pasukannya.


Pra-permainan
Sebelumnya, kita harus membeli starter pack yg berisi 4 kartu. Walopun jenis starter pack ini random, tapi isinya bisa dibagi dalam beberapa kategori. Artinya, set awal kartu untuk pemula hanya ada beberapa kemungkinan. Starter pack juga dilengkapi kartu IC, yang akan menjadi identitas pemain. Kartu IC ini bisa dipakai hingga 300 kali bermain. Setelah 300x bermain, kita bisa memindahkan data permainan di kartu IC kita, ke kartu IC lain (tentu saja dengan membeli starter pack lagi).

Memulai permainan
Terdapat tiga jenis permainan, yaitu Local Versus, Single Player, dan Hero Legend.
Local versus, sesuai namanya adalah jenis permainan antar mesin lokal. Jika seseorang memilih jenis permainan ini, kemudian ada yang memilih jenis permainan ini sebelum orang pertama terhitung selesai bermain, maka 2 mesin lokal ini akan terhubung secara otomatis. Jadi untuk yang bertujuan melakukan Local Versus dengan teman, yakinkan tidak ada orang lain yang sedang bermain dalam jenis permainan Local Versus, karena akan tersambung secara otomatis.
Single Player, adalah jenis permainan yang memilih lawan yang sudah disediakan. Dengan tingkat kesulitan yang terbagi, seseorang bisa memilih untuk bermain santai, serius, atau untuk latihan, dalam jenis permainan ini. Tentu saja tingkat kesulitan yang lebih susah, hanya akan terbuka jika pilihan tingkat kesulitan yang lebih mudah sudah pernah diselesaikan.
Hero Legend, adalah jenis permainan melawan AI (Artificial Intelligence) mesin, disesuaikan dengan latar belakang cerita yang sebenarnya. Atau dalam kata lain, Story Mode.

Mendaftarkan pasukan
Setiap sebelum memulai permainan, kita diharuskan mendaftarkan kartu-kartu pasukan kita yang akan dipakai. Dengan 148 macam kartu pada versi 1.0, kombinasi pasukan bisa beribu-ribu bentuk, tergantung strategi permainan. Kartu yang terdaftar diharuskan dari versi 1.0 (untuk mesin yang masih menggunakan versi 1.0), dan mempunyai total nilai tertentu. Dalam permainan secara default, total nilai yang diperbolehkan adalah 8 (delapan). Kartu-kartu yang sudah didaftarkan tidak akan bisa diganti ataupun ditambah. Penambahan atau penukaran kartu hanya akan membuat kartu yang tidak didaftarkan sebelumnya tidak dianggap.
Mesin game ini menggunakan teknologi flat reader, yang memindai kartu-kartu yang diletakkan di atasnya. Hanya kartu game ini yang akan dibaca, dan dalam keadaan tidak bertumpuk (sudah dicoba :D ).

Cara bermain akan saya beritahukan pada posting berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar